Perbedaan Kata Pengantar dengan Prakata, Berikut Penjelasannya!

Mungkin kalian menganggap bahwa kata pengantar dan prakata yang ada di bagian awal buku merupakan hal yang sama. Memang, fungsinya sebagai gerbang bagi pembaca untuk berpetualang ke dalam isi buku. Namun, tahukah kalian? Keduanya sangatlah berbeda.

Apa perbedaan di antara keduanya? Simak penjelasan berikut secara baik-baik, ya! Supaya tidak salah lagi.

  1. Sambutan yang ditulis oleh orang lain mengenai sebuah buku, biasanya ditulis oleh pemimpin, baik redaktur, orang tertentu yang ahli dalam bidangnya.
  2. Dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai foreword. Pemilihan kata tersebut disinyalir untuk menaikkan kredibilitas buku.
  3. Biasanya karena yang menulis bukan si penulis buku, orang menjadikan tolak-ukur seberapa berkualitas buku yang ditulis karena pengantarnya yang menuliskan orang lain.

Prakata

  1. Dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai preface.
  2. Prakata ditulis oleh penulis buku itu sendiri. Biasanya penulis sedikit memaparkan latar belakang, konteks, atau rangkuman buku.
  3. Bisa berisi penjelasan pengalaman-pengalaman menarik saat karya tersebut sedang digarap, bahkan mengungkapkan harapan atas terbitnya buku itu.

Nah, itulah perbedaan antara kata pengantar dan prakata. Apakah kalian mulai mengerti? Semoga kalian bisa memahami penjelasan singkat di atas.

Bagi kalian yang ingin menerbitkan buku dan bingung mau menerbitkan di mana, tenang Penerbit Jejak Pustaka hadir menjawab kegelisahan kalian. Tersedia beberapa paket penerbitan dengan harga yang terjangkau. Tertarik? Silakan hubungi CP.


Kontributor : Risen Dhawuh Abdullah

Shopping Cart
Hubungi Admin
Butuh Bantuan?
Admin Duta Media Press
hi, kak. Ada yang bisa kami bantu?