Beginilah Pembagian Generasi Berdasarkan Tahun Kelahiran, Simak!

Kalian tentu sering mendengar istilah generasi “milenial” atau “gen z” atau “generasi x”. Masalahnya, mengapa ada istilah-istilah tersebut? Ternyata istilah-istilah tersebut digunakan untuk memudahkan pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran. Kalian masuk ke dalam generasi yang mana?

  • Pre Boomer atau Silent Generation (sebelum 1945)

Majalah Time pada 1951 mempopulerkan istilah tersebut yang digunakan untuk menggambarkan generasi yang lahir sebelum 1945. Generasi ini juga menjadi dewasa ketika menghormati otoritas sangat dihargai, dan banyak anggota Generasi Sunyi membawa nilai ini bersama mereka sepanjang hidup mereka.

  • Baby Boomers (1946-1964)

Mereka yang lahir pada 1946-1964 masuk ke dalam generasi Baby Boomers. Disebut Baby Boomers karena pada tahun-tahun ini terjadi peningkatan jumlah kelahiran yang signifikan setelah kembalinya para prajurit Perang Dunia II ke rumah dan memulai keluarga.

  • Generasi X (1965-1980)

Generasi X mengacu pada mereka yang lahir pada 1965-1980. Istilah generasi ini pertama kali digunakan oleh seorang fotografer Robert Capa yang menggunakannya untuk menggambarkan sikap, pandangan, dan mentalitas tertentu kaum muda setelah Perang Dunia II.

  • Generasi Milenial (1981-1996)

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang yang lahir pada 1981-1996. Banyak milenium berpendidikan tinggi dan telah terpapar berbagai ide dan perspektif. Hal ini menyebabkan banyak orang mengejar karir dan peluang bisnis yang selaras dengan nilai dan minat mereka.

  • Generasi Z (1997-2012)

Generasi Z juga dikenal sebagai Gen Z, iGen, atau Zoomers, mengacu pada generasi pada 1997-2012. Generasi Z adalah generasi pertama yang lahir dengan akses luas ke internet dan teknologi digital sejak usia muda, dan itulah mengapa mereka disebut “digital natives”.

  • Generasi Alpha (2013-2025)

Generasi Alpha digambarkan sebagai generasi pertama yang lahir di abad ke-21, yaitu pada 2013-2025.  Mereka dianggap lebih intuitif secara digital daripada generasi sebelumnya seperti Generasi Milenial dan Gen Z. Mereka tumbuh di mana teknologi ada di mana-mana, dan mereka memiliki akses ke berbagai perangkat digital, platform , dan jasa sejak mereka lahir.

Nah, itulah pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran. Apakah kalian menjadi paham sekarang? Mengapa seseorang menyebut suatu istilah, seperti generasi z, misalnya pada sekelompok orang tertentu. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami ya!


Kontributor : Risen Dhawuh Abdullah

Shopping Cart
Hubungi Admin
Butuh Bantuan?
Admin Duta Media Press
hi, kak. Ada yang bisa kami bantu?